Rabu, 24 Agustus 2016

AWAS ! Jangan terlalu sering menggunakan Headset

Zaman sekarang banyak orang yang mendengarkan musik dari smartphonenya dengan menggunakan headset/earphone. Headset memang merupakan alat yang tepat untuk orang yang ingin mendengarkan musik sendiri tanpa mengganggu ketenangan orang lain.
Namun hal yang perlu anda ketahui, headset juga dapat membahayakan kesehatan jika digunakan dalam instensitas yang lama. Yuk, kita simak bahaya dar sering menggunakan headset/earphone dengan volume yang tinggi..

4 Bahaya Menggunakan Headset

Kerusakan Pada Telinga Secara Permanen
Rusaknya pada telinga ini dapat terjadi apabila telinga Anda sudah tidak dapat menampung lagi kerasnya suara dari headset yang terhubung secara langsung di lubang telinga Anda. Biasanya hal tersebut sering terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau masih remaja. Karena telinga anak muda masih sangat sensitive terhadap suara keras.

Kehilangan Pendengaran
Telah dilakukan sebuah penelitian, memang penggunaan headset yang berlebih ini tidak berdampak secara langsung, melainkan dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan. Kerusakan telinga akibat headset tersebut akan muncul secara perlahan. Biasanya efek akan terasa ketika pengguna tersebut berumur 20-an, saat usia tersebut pengguna mulai kehilangan pendengarannya.

Kerusakan Otak
Tidak hanya pada telinga, kerusakan juga sampai pada otak Anda. Gelombang elektromagnetik pada headset tersebut juga berpengaruh pada listrik otak. Hal ini sudah dibuktikan, elektromagnetik tersebut berpengaruh pada listrik otak tikus. Tetapi, hingga saat ini masih belum diketahui seberapa besar gelombang yang dapat diterima oleh otak manusia. Meski begitu, Anda harus tetap waspada.

Ambang Pendengaran
Suara music dari headset dapat berpengaruh pada ambang pendengaran manusia. Apalagi jika dilakukan dengan volume yang tinggi dan dalam waktu yang lama. Secara perlahan namun pasti, efek ini akan muncul dan akan merusak pendengaran Anda secara permanen. Maka dari itu, gunakan headset ini seperlunya saja jangan sampai berlebih, apalagi digunakan ketika tidur.

Sampai sini dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar